Loading...
world-news

GENERAL

LULUSAN JURUSAN INI BANYAK DICARI LHO!

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir sempat mengungkap akan ada 17 juta pekerjaan baru di bidang teknologi dalam beberapa tahun kedepan. Erick juga menyebutkan terdapat deretan pekerjaan lain yang paling banyak mencari calon praktisi data atau talenta digital di masa depan, yaitu:

-         Data Scient dan Data Analysis

-         Spesialis artificial intelligence (AI)

-         Software dan game developer

-         Analis big data

-         Block chain developer

-         Market Research

-         Digital Marketing

-         Biotechnology

-         Digital Content (Youtuber, Tiktok)

a)      Teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah jurusan  yang berfokus pada preferensi untuk studi praktis dan  lapangan. Siswa di jurusan ini  belajar banyak tentang algoritma, pemrograman, keamanan informasi, dan banyak lagi.

b)      Teknik Komputer

Belajar di bidang Teknik Komputer atau ilmu komputer memang berkaitan dengan mesin komputer, namun lebih menitikberatkan pada teori dan strategi penerapan teknologi informasi seperti desain, pengembangan dan sistem komputer lainnya.

c)      Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi dalam bidang data  menjadi jauh lebih fokus, karena  ilmu komunikasi itu sendiri  juga mencakup jurnalisme data, di mana  jurnalis profesional menggunakan sumber informasi yang berasal dari data dan menerapkan data.

d)      Fisika

Fisika menyelidiki fenomena alam yang tidak hidup  dalam  ruang dan waktu. Fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi di berbagai bidang, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk seluruh substansi hingga perilaku universal seluruh substansi di ruang angkasa.

e)      Kimia

Jurusan Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul dan transformasi yang terjadi kemudian mengubah sifat dari materi tersebut. Contohnya pada perubahan bentuk dari benda cair ke benda padat yang biasa kita sebut dengan membeku.

f)       Matematika

Jurusan matematika juga masih terlibat dengan data. Jurusan matematika menerapkan logika dan nalar selama kuliah yang akan membuatmu menjadi problem solver handal pada berbagai bidang.

g)      Statistika

Jurusan Statistik adalah lembaga yang mengkaji proses pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data yang menjadi dasar pengambilan keputusan. Informasi yang diolah oleh Statistics Estonia adalah informasi yang valid tanpa fiksi.

Baca Juga